Skip to main content

Sekilas Perkembangan LKSN ITNSA SMK

ITNSA singkatan dari Information Technology Network Systems Administration adalah salah satu bidang nama lomba yang diselenggarakan mulai dari tingkat sekolah, kota dan dunia. Biasanya di SMK bidang lomba ini di ikuti dari jurusan Teknik Komputer Jaringan atau TKJ. Di Indonesia bernama LKS Lomba Kompetensi Siswa. Di Dunia di selenggarakan antar negara dengan nama organisasi WorldSkills.

Oke itu saja singkatnya, langsung saja untuk perkembangan lomba ITNSA. Dimulai dari melakukan merakit PC, install os dengan DVD, cabling, dan melakukan konfigurasi layanan server sepeti DNS, Webserver, FileServer simulation.

Kesepakatan yang sering digunakan adalah menggunakan Debian selama lebih dari 10 tahun di dunia juga menggunakan Linux GNU Debian, namun tidak menutup kemungkinan beberapa negara ada yang melakukan modifikasi menggunakan Distro Centos, Ubuntu.

Tidak hanya Server OS, ITNSA juga menggunakan Network OS dengan vendor Cisco, sama beberapa lokal kompetisi kota juga terkadang dijumpai menggunakan vendor lain seperti Mikrotik.

Tidak hanya Linux , ITNSA juga menguji peserta untuk mengkonfigurasi Windows Server mulai dari 2003 Server hingga Windows Server Terkini.

Perkembangan tiap tahun juga beragam ada yang pakai hardware langsung dan sampai saat ini banyak yang menggunakan lokal server virtualiasi dari vmware, virtualbox, atau proxmox, bahkan dibeberapa negara lain dan Indonesia sendiri pernah menggunakan system baremetal cloud, dan system virtualiasi seperti azure dari Microsoft.

Saat ini juga di ITNSA mulai mengadopsi NetDevOps (DevOps Culture untuk Networking). Disini tidak membahas pengertian DevOps ya, namun akan menceritakan dimana salah satu tasks nya yaitu melakukan konfigurasi dengan tidak hanya menggunakan manual step by step melainkan juga automation seperti menggunakan konfigurasi manajemen seperti Ansible dan Python Programming.

Itulah kondisi singkat setidaknya sampai tulisan ini dibuat.

10 Jan 2023

Comments

Popular posts from this blog

Soal dan pembahasan LKSN ITNSA

Berikut adalah koleksi soal-soal ITNSA dan beberapa website yang memberikan pembahasan pada event perlombaaan LKS SMK Nasional bidang lomba IT Network Systems Administration. 2014 Palembang Di tahun ini ada 1 soal packet tracer. Di website dibawah ini diberikan juga cara pembahasannya. https://agussas.wordpress.com/2015/04/02/review-soal-lks-nasional-it-network-23-packet-tracer-challenge/ Semua soal:  https://www.dropbox.com/sh/l90zyke2ib5msgv/AAA3kPOFo-zEn4wPOW4a3iMwa?dl=0 dan https://drive.google.com/file/d/18lDhtMjAnPAhkfOJ6uFHsC5j6ycg3K4I/view Pembahasan juga dalam bentuk video di youtube:  https://www.youtube.com/watch?v=8QML594nQBU 2015 Banten Pembahasan:   https://www.youtube.com/watch?v=quDbpC2xSfQ Soal:  https://drive.google.com/file/d/1B09IYfdoGENBL3txSQodpptG1zdQxBWI/view 2016 Malang Soal:   https://drive.google.com/file/d/13-2bRtb5IXO9vxAhLfhghZbDXeUzD0FI/view Pembahasan:   https://www.youtube.com/watch?v=zmUSUZguH24 2017 Solo Soal dan pembahasan

Pembahasan Soal CA LKS Nasional ITNSA 2022

 Berikut adalah salah satu soal mengenai CA dan pembahasannya, silakan dicoba dan sesuikan dengan kondisi real sebenarnya pada saat kompetisi, karena mungkin di kota, provinsi atau soal nasional selanjutnya ada perubahan seperti kalimat, lokasi folder, nama server dan penamaan lainnya Silakan sesuaikan nama file, nama domain, dll. Certificate Authority  ● Configure MAIL as Root CA.  1.  openssl genrsa -out root.key 4096 ○ Use Common Name: LKSN2022-Root  2.  openssl req -new -x509 -days 1826 -key root.key -out root.crt ○ Approve Intermediate CA Requests for MON1 and MON2. Jawaban ada di perintah 4 dan 6  ○ Save those two Intermediate CA certificate files without the key in directory /backup in MAIL server.  Ini cukup kopikan file mon1.crt dan mon2.crt ke /backup Bikin config untuk Intermediatte CA, bisa mencontoh di /etc/ssl/openssl.cnf juga. Disini simple cukup membuat konfigurasi seperti dibawah ini buat file subca.cnf berisi: [ req ] extensions    = v3_subca req_extensions    = v3

ITNSA Konfigurasi Ansible WinRM Windows Server

 ### Mengonfigurasi Koneksi Ansible ke Server Windows Ansible adalah alat otomatisasi yang sangat populer dan sering digunakan untuk mengelola berbagai jenis server, termasuk server Windows. Artikel ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk mengonfigurasi Ansible agar dapat terhubung dengan server Windows menggunakan WinRM (Windows Remote Management). #### 1. Menyiapkan WinRM di Server Windows ##### Opsi 1: Menggunakan Skrip PowerShell Anda bisa menggunakan skrip PowerShell yang sudah disediakan untuk mengonfigurasi WinRM agar dapat digunakan oleh Ansible. 1. Buka PowerShell di server Windows Anda sebagai administrator. 2. Jalankan perintah berikut untuk mengunduh dan mengeksekusi skrip konfigurasi:    ```powershell    iex (New-Object Net.WebClient).DownloadString('https://github.com/ansible/ansible/raw/devel/examples/scripts/ConfigureRemotingForAnsible.ps1')    ``` ##### Opsi 2: Pengaturan Manual 1. Buka PowerShell di server Windows Anda sebagai administrator. 2. Jal